Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

PENERAPAN TEKNIK INFORMATION GAP DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN KETERAMPILAN MENYAMPAIKAN INFORMASI

-, Eliyasma (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh kurangnya kemauan berlatih berbicara di kelas maupun di luar kelas. Alasan yang logis adalah pendekatan tersebut berusaha mengembalikan bahwa fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsi perubahan perilaku belajar siswa dalam menyampaikan informasi setelah diberikan tindakan pembelajaran menyampaikan informasi dengan teknik information gap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Dalam setiap penelitian tindakan, termasuk penelitian tindakan kelas, terdapat 4 aspek pokok, yaitu: (1) penyusunan rencana; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh penelitian ini mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menyampaikan informasi dengan teknik information gap. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan menyampaikan informasi siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68,30 berada pada kategori cukup. Hasil nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 81,11 berada pada kategori baik. Selisih nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II sebanyak 12,81. Jadi, peningkatan keterampilan menyampaikan informasi antara siklus I dan siklus II sebesar 18,75%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...