Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

PENERAPAN PERMAINAN POHON MAJA KREATIF PADA PEMBELAJARAN MEAN, MEDIAN DAN MODUS DENGAN BANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF

Nurlaela, Nunung (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, sulit, tidak menarik bahkan membosankan, sehingga minat perhatian dan peran aktif untuk mempelajari matematika rendah. Akibatnya berdampak pada pencapaian prestasi. Hal ini dapat dilihat pada hasil ulangan siswa pada materi pengolahan data baru 47,74 % yang tuntas, 5 anak dari 31 jumlah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui permainan pohon manja kreatif dengan bantuan media CD interaktif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus melalui tahap yang sama yakni tahap perencanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dengan menggunakan metode media pohon maja dapat meningkatkan antusias, keaktifan siswa dan kualitas pembelajaran, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata dari kondisi awal 47,74 yang tuntas dengan standar KKM yang diambilnya adalah 17% (5 anak), pada siklus I nilai rata-rata 63,5 dengan ketuntasan 48,38% (15 anak). Evaluasi terakhir pada siklus II nilai rata-rata 76,9 dengan ketuntasan 74,19% (23 anak). Dengan demikian hipotesa tindakan dapat diterima dan tujuan penelitian dapat tercapai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...