Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PADA MATERI-MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

-, Suratini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Kurikulum 2013 belum sepenuhnya dapat dilaksanakan. Kebiasaan lama, guru sebagai pusat kegiatan pembelajaran masih belum hilang. Guru masih mendominasi proses pembelajaran. Guru masih berorientasi bahwa buku adalah sumber belajar yang utama. Akibatnya, peserta didik kurang aktif berinteraksi sebagai subjek belajar. Akibat lebih jauh lagi, peserta didik tidak memahami materi pembelajaran dan hasil belajar tidak maksimal/rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problem Based Learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tentang Pencemaran Lingkungan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi oleh kolaborator, dan refleksi. Data hasil belajar peserta didik meliputi nilai Uji Kompetensi di setiap siklus. Dari hasil tindakan diperoleh nilai rata-rata semakin meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut: 73,6; 81,20; dan 84,10. Ketuntasan klasikal  62,5%; 84,38%; dan 87,50%. Hasil pengamatan observer pada aktivitas peserta didik menunjukkan kenaikan dari pra siklus, siklus I, dan Siklus II, yaitu: 57,81; 80,31; dan 89,06. Dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...