Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENGURUTKAN KELOMPOK BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

-, Suwartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong rendah, dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian masih di bawah KKM. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini sejumlah 12 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal  ini dibuktikan dari  hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 8 siswa atau 69,70% yang  tuntas belajarnya dan 4 siswa atau 30,30% belum tuntas. Nilai terendah siswa pada siklus I adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90 dengan nilai rata-ratanya adalah 72,5. Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas adalah 11 siswa atau 93,94% dan siswa yang belum tuntas adalah 1 siswa atau 6,06%. Nilai terendah siswa pada siklus II adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 100 dengan nilai rata-rata 83,33.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...