Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 1, No 1 (2019): Juni 2019

PEMBINAAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Naela, Sri (SD Negeri Siasem 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan guru dalam menyusun RPP di SD Negeri Siasem 02. Rumusan masalah yang tersusun dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2013 Siklus I dilaksanakan pada tanggal 9 September 2013 dan Siklus II pada tanggal 20 Oktober 2013. Penelitian ini dirancang dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyusun RPP dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data diperoleh selama melaksanakan siklus I aktivitas guru sebesar 3 orang atau 27,27% kategori sangat aktif , sebanyak 5 orang atau 45,46% kategori aktif, sebanyak 3 orang atau 27,27% dan siklus II sebesar 3 orang atau 27,27% sangat aktif, sebanyak 8 orang atau 72,73% kategori aktif, serta kemampuan guru dalam menyusun RPP dalam siklus I sebesar 2 orang dan siklus II sebesar 6 orang yang ditunjukkan dengan pencapaian nilai 71 – 85.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...