Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan pembinaan berkelanjutan untuk dapat meningkatkan aktivitasserta kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Dumeling 02.Rumusan masalah yang tersusun dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembinaan berkenjutan dapat meningkatkan aktivitas kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Wanasari.Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September sampai bulan Desember 2013. Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Dumeling 02 yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyusun RPP dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I dan siklus II. Dimana hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 85 % atau sangat baik.
Copyrights © 2019