Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara berkelanjutan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran melalui prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja ini melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap guru SD Negeri Keboledan 03 Kecamatan Wanasari Brebes yang berjumlah 10 orang. Pene;itian dilaksanakan mulai bulan September sampai Desember 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian yang alurnya membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, dan reflleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan dilapangan, dokumentasi dan hasil penelitian. Instrumen pengumpulan data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen penunjang adalah pedoman observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat secara signifikan setellah dilakukan supervisi yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara berkelanjutan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dari siklus I mencapai 66% dan siklus II mencapai 85% atau sangat baik.
Copyrights © 2019