Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 2 (2020): Oktober 2020

MODEL MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS PARTISIPATIF

Indah Kusumaningrum, Wiwik (1) SMA NEGERI 9 SEMARANG)
Hardyanto, Wahyu (2) Universitas Negeri Semarang)
-, Murwatiningsih (2) Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Profesionalisme guru perlu ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan. Oleh sebab itulah manajemen pelatihan berperan sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model manajemen pelatihan berbasis partisipatif untuk meningkatkan profesionalisme guru mendayagunakan e-learning Rumah Belajar. Pendekatan penelitian adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah Pengawas Sekolah sebagai pengguna produk dan guru kimia SMA Kota Semarang sebagai peserta pelatihan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model manajemen pelatihan berbasis partisipatif dapat meningkatkan profesionalisme guru kimia  dalam mendayagunakan e-learning Rumah Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...