Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui diskripsi dan analisis model supervisi akademikyang ada di Kabupaten Demak serta mengembangkan sebuah model supervisi akademik terpaduberbasis pemberdayaan MGMP yang efektif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik gurumatematika. Digunakan pendekatanRiset and development, analisis data menggunakan metodecampuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari studi pendahuluan diperoleh bahwa Supervisiakademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah kurang efektif. Hal inidapat dilihat dari frekuensi pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan kepala sekolahyang masih minim terhadap guru matematika, komposisi pengawas sekolah yang tidak ideal,supervisor (pengawas sekolah/kepala sekolah) tidak berasal dari guru mata pelajaran yang samadengan guru yang disupervisi, kurangnya pelatihan/pembimbingan terhadap guru sebagai bentuktindak lanjut dari supervisi akademik serta tidak dilibatkannya MGMP di dalam proses supervisiakademik. Dari hasil pengembangan model diperoleh bahwa model supervisi akademik terpaduvalid dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru matematika.
Copyrights © 2020