Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

MODEL SUPERVISI AKADEMIK TERPADU BERBASIS PEMBERDAYAAN MGMP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA

-, Jurotun (SMA N 1 Dempet Demak)
-, Samsudi (Universitas Negeri Semarang)
Prihatin, Titi (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Tujuan  penelitian  adalah untuk mengetahui diskripsi dan analisis model supervisi akademikyang ada di Kabupaten Demak serta mengembangkan sebuah model supervisi akademik terpaduberbasis pemberdayaan MGMP yang efektif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik gurumatematika. Digunakan pendekatanRiset and development, analisis data menggunakan metodecampuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari studi pendahuluan diperoleh bahwa Supervisiakademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah  kurang efektif. Hal inidapat dilihat dari frekuensi pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan kepala sekolahyang masih minim terhadap guru matematika, komposisi pengawas sekolah yang tidak ideal,supervisor (pengawas sekolah/kepala sekolah) tidak berasal dari guru mata pelajaran yang samadengan guru yang disupervisi, kurangnya pelatihan/pembimbingan terhadap guru sebagai bentuktindak lanjut dari supervisi akademik serta tidak dilibatkannya MGMP di dalam proses supervisiakademik. Dari hasil pengembangan model diperoleh bahwa model supervisi akademik terpaduvalid dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...