Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru terkait implementasi kurikulum barudilakukan dengan menghubungkan dan merujuk pada materi-materi dari hasil pelatihan guru lainuntuk disesuaikan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, bukan pada landasan teori yang kuat.Alternatif pemecahan masalah tersebut melalui kegiatan pembimbingan sebagai bagian dari tugasPengawas Sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik. Desain penelitian adalahResearchand Development (R&D) yang mengembangkan model pembimbingan berbantuan Template. Produkyang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu Model Pembimbingan dan Media Pembimbinganberupatemplate. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan model dan media layak dan dapatdigunakan. Hasil ujicoba pada skala terbatas menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi gurudalam merencanakan pembelajaran. Data ini diperoleh dengan membandingkan skor RPPsebelum dan setelah mendapatkan pembimbingan. Pembimbingan berbantuantemplatemerupakan alternatif yang direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh Pengawas Sekolahsebagai salah satu model pembimbingan dalam kegiatan supervisi akademik
Copyrights © 2020