Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

IMPLEMENTASI MODEL “ITBT” SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SMK

Sujatmiko, Hardo (Unknown)
Sumaryanto, Totok (Unknown)
-, Kardoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan dan kevalidan model pelatihan Integrated Technology-Based Training (ITBT) . Metode penelitian ini menggunakan pendekatanResearch and Development . Uji coba model pelatihan menggunakanPre-Experimental Design denganOne Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan menggunakan  statistik uji-t berpasangan (Paired Samples  t-test). Hasil uji diperoleh (1) keefektifan model yang ditinjau dari 5 aspekpelatihan yaitu aspek model pelatihan, aspek program pelatihan,  aspek bahan ajar pelatihan,aspek instruktur pelatihan dan aspek sarana prasarana pelatihan menunjuk pada kategori sangatbaik, (2) keefektifan model dengan membandingkan antara hasilpre-testdanpost-test padakompetensi membuat media pembelajaran berbasis Android.Validasi model  dilakukan oleh ahlidan praktisi. Disimpulkan bahwa model efektif dan valid dalam peningkatan kemampuan gurudalam membuat media pembelajaran berbasis Android

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...