Short story merupakan bagian dari teks narrative yang selama ini kebanyakan hanya diajarkan dengancara konvensional yaitu terbatas pada characters, settings, dan plot. Penggunaan metode pengajaranshort story dapat diuraikan pada penerapan strategi reader response dimana pembaca diminta untukmerespon cerita pendek yang mengandung pesan moral dengan cara menggambarkan tindakankarakter, memahami dan menjelaskan karakter, menginterpretasikan apa saja yang telah dilakukan,melibatkan perasaan mereka, menghubungkan pengalaman pribadi terhadap karakter, dan menilaipenulis serta alur ceritanya melalui sebuah diskusi antar teman yang dilakukan pada media facebook.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jejaring sosial facebook dapatdimanfaatkan sebagai media pembelajaran khususnya dalam pengajaran short story pada teksnarrative. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalahmahasiswa yang ikut dalam mata kuliah Reading 1 (Elementary Reading Comprehension) yaitumahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNIMUS tahun ajaran 2010/2011sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan 40,9% mahasiswa memberikan respon describing.Sebanyak 18,2% mahasiswa memberikan respon engaging. Mahasiswa yang memberikan responconnecting sebesar 9,09%. Dan respon terakhir yang dapat ditemukan dari diskusi yang dilakukanantar mahasiswa di facebook adalah judging sebesar 31,8%.
Copyrights © 2012