Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 42, No 2: November 2012

PENGUJIAN HASIL BELAJAR DAN PENILAIAN PENDIDIKAN BERBANTUAN KOMPUTER

Mardapi, Djemari (Unknown)
Haryanto, Haryanto (Unknown)
Hadi, Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem pengujian hasil belajar berbantuan komputer dalam hal proses pemilihan butir-butir tes yang tepat bagi siswa serta menilai kemampuan hasil proses pelaksanaan program pembelajaran siswa dengan bantuan komputer. Jenis penelitiannya Research and Development (R&D), yang terbagi atas pengembangan program pengujian dan penilaian berbantuan komputer serta pengujian kinerja program dalam proses pengujian kemampuan siswa SMA di DIY dan penilaian pelaksanaan program pembelajaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, angket, dan pengujian dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Hasil penelitian meliputi pertama, dalam pengelolaan tes, program komputer mampu melakukan pengadministrasian bank soal, pengemasan butir-butir tes secara otomatis berdasar algoritma yang diberikan, pengemasan jumlah butir tes sesuai dengan kemampuan siswa, pengacakan letak jawaban benar pada alternatif pilihan jawaban dari masing-masing butir tes, dan penyimpanan rekaman hasil tes, baik secara individu maupun kelompok. Kedua, program omputer mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan siswa, baik dalam pengujian maupun pelaksanaan proses pembelajaran secara otomatis.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...