Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 11, No 1 (2008)

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN “K-W-L TEACHING MODEL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS

Rasyid, Harun (Unknown)
Asrori, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2013

Abstract

Fenomena secara umum menunjukkan bahwa siswa Sekolah Dasar pada umumnya belum memiliki kemampuan membaca dan memahami teks secara komprehensif. Kemampuan membaca dan memahami teks pada anak-anak Sekolah Dasar merupakan sarana yang sangat mendasar dan penting bagi perkembangan di masa mendatang untuk memburu, menyerap, dan memanfaatkan informasi guna pengembangan ilmu dan teknologi ketika kelak mereka mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran ”K-W-L” untuk menambah kapasitas dan kemampuan siswa sekolah dasar dalam memahami teks secara komprehensif. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Penetapan sampel dilakukan dengan cara stratified proportional area random sampling. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ”K-W-L” sangat efektif untuk menambah kapasitas dan kemampuan siswa Sekolah Dasar dalam membaca dan memahami teks bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial, tetapi kurang efektif untuk mata pelajaran Matematika dan Sains Dasar.Kata kunci: motivasi, dan partisipasi pembelajaran

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...