Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED

Efendi Manalu (Universitas Negeri Medan)
Ease Arent (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSDĀ  FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.

Copyrights © 2018