RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 2 (2017)

Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Research Based Learning untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif dan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri 5 Purworejo

Listriana Deviyanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan panduan praktikum fisika berbasis research based learning untuk mengoptimalkan domain kognitif dan psikomotorik siswa, serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa.Subyekpadapenelitianiniadalahsiswakelas XI-MIPA2 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dari Brog and Gall. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara,angket,dan dokumentasi. Hasil evaluasi diperoleh rerata skor panduan praktikum dari validasi ahli sebesar 50,5 dan dari guru fisika sebesar 47 yang berkategori baik. Hasil ujicoba penelitian menunjukkan keterlaksanaan praktikum dengan skor rerata 3,12 yang berkategori baik.Rerata pengoptimalan domain kognitif dan psikomotorik siswa sebesar 44,25 dengan kategori baik. Respon siswa terhadap panduan praktikum memperoleh skor 45,85 dengan kategori baik. Dengan demikian panduan praktikum ini layak digunakan dalam pembelajaran fisikauntuk mengoptimalkan domain kognitif dan psikomotorik siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...