RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 2 (2017)

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Desi Kholifah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah dengan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Purworejo dengan subjek penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yakni wawancara, observasi, dokumentasi, angket dengan skala Likert dan tes pemahaman konsep fisika. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartkett. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa , ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat pada α=0,05 dengan nilai hitung Fobs = 7,2434 > Ftabel = 3,1. (2) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep fisika, dengan nilai tobs = 11,393 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan besar pengaruhnya 42,1% pada interval 40% - 59% dalam kategori sedang. (3) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa, dengan nilai tobs = 3,374 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan besar pengaruhnya 18,4% pada interval 0% - 19% dalam kategori sangat rendah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...