Telah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapanmodel pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains siswa. Metodepenelitian yangdigunakanadalahmetodeeksperimensemudengandesainNonequvalent Control Group Design.Subjek penelitiandalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 2kelas dengan kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa.Hasilanalisis datamenunjukkanbahwadengan menggunakan uji t dengan signifikan α = 0,05 pada keterampilan generik sainssehingga diperoleh 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika berbasis inkuiriterbimbing memberi pengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahunpelajaran 2015/2016
Copyrights © 2017