RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 2 (2017)

Pengembangan Modul Kemagnetan Berbasis Guided Inquiry Untukmeningkatkan Kemampuan Representasi Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2015/2016

Tri Surya Ningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Yusro Al Hakim (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan modulkemagnetan berbasis guided inquiry terhadap kemampuan representasi mahasiswa. (2) Mengetahui peningkatankemampuan representasi mahasiswa pada pengembangan modul kemagnetan berbasis guided inquiry.Metode yangdigunakan adalah metode pengembangan dengan desain pengembangan 4D (Define, Design, Development,Disseminate). Sebagai subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester 2Progam Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2015/2016 yangberjumlah 25 mahasiswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Validasi dari dua validator diperoleh reratatotal untuk validasi modul sebesar 2,74. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa katergori yangdidapat adalah baik sehingga modul tersebut layak digunakan. (2) Rerata skor respon peserta didik terhadapmodul kemagnetan berbasis guided inquiry sebesar 2,94 dengan kategori baik. (3) Keterlaksanaan pembelajarandengan modul kemagnetan berbasis guided inquiry dengan tiga kali pertemuan mendapat skor rerata sebesar 3,53dengan kategori “sangat baik” (5) Kemampuan representasi mahasiswa setelah menggunakan modul kemagnetanberbasis guided inquiry dapat dikatakan meningkat dengan peningkatan nilai pre-test dan pos-test dari nilai pretest 53,9 menjadi nilai post-tes 83,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul kemagnetan berbasisguided inquiry layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan representasimahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...