RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 1 (2016)

Efektivitas Penerapan Lembar Kerja Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas X MIPA

Evi Nurhidayati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Sriyono Sriyono (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna mengetahui efektivitas penerapan lembar kerja praktikum fisika berbasis literasi sains dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Purworejo. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas eskperimen dan kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kedua kelas dalam keadaan homogen karena Fhitung<Ftabel dengan Fhitung 1,098; Ftabel 1,835; SD 2,139 dan varian 4,577 (kelas eksperimen); serta SD 2,242 dan varian 5,026 (kelas kontrol). Rerata persentase skor total praktikum pada kelas eksperimen sebesar 90,00% sedangkan kelas kontrol sebesar 79,00%. Persentase keterampilan memecahkan masalah kelas eksperimen sebesar 20,51% dengan gain 0,205 kategori rendah sedangkan kelas kontrol sebesar 11,70% dengan gain 0,117 kategori rendah. Persentase sikap ilmiah awal dan akhir pada siswa kelas eksperimen sebesar 80,80% dan 81,58% dengan gain 0,041 kategori rendah sedangkan pada siswa kelas kontrol sebesar 85,05% dan 81,79% dengan gain 0,218 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan lembar kerja praktikum fisika berbasis literasi sains efektif dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...