RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 1 (2016)

Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016

Sutrisno Sutrisno (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Arif Maftukhin (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations) desain pembelajaran berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses dasar siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes.Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan, telah diperoleh desain pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. Rerata skor silabus dari kedua validator sebesar 48 dengan kriteria baik sedangkan rerata skor RPP dari kedua validator sebesar 130,5 dengan kriteria baik, sehingga desain pembelajaran ini layak sebagai perangkat pembelajaran dengan sedikit revisi. Kelayakan desain pembelajaran terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 96,37% dengan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap desain pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor rerata 35,32 dengan kriteria baik. Peningkatan pada keterampilan proses dasar siswa kelas X-4 diperoleh rerata persentase sebesar 72,62% dengan kriteria baik. Ketercapian hasil belajar siswa diperoleh rerata 86,54 untuk post-test sehingga sudah mencapai KKM (75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis discovery learning yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses dasar siswa ini layak digunakan sebgai perangkat pembelajaran pada tingkat SMA.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...