RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 7 No. 2 (2015)

Pengembangan Computer Based Test (CBT) Dengan Software Hot Potatoes pada Pembelajaran Fisika Dasar 2 di Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2014/2015

Dian Saputri (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2015

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan guna menghasilkan, mengetahui kelayakan program evaluasi hasil pengembangan dan mengetahui respon mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 2 Program Studi Pendidikan Fisika yang berjumlah 30 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan, dengan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan program evaluasi dapat dilihat berdasarkan uji validasi program dari 2 ahli media dengan rerata skor 3,27 dan dari 2 ahli materi dengan rerata skor sebesar 3,44 dengan interpretasi “baik”, berdasarkan respon mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan menghasilkan skor rerata 3,13 dengan interpretasi “baik”, berdasarkan rerata ketercapaian hasil belajar mahasiswa adalah B+ (lebih dari baik) sehingga secara umum mahasiswa sudah lulus mata kuliah Fisika Dasar 2, berdasarkan perhitungan taraf kesukaran soal, rerata taraf kesukaran soal adalah 0,77 dengan kategori “mudah”, sedangkan perhitungan dengan daya pembeda soal, rerata daya pembeda soal adalah 0,29 dengan kategori “cukup” dan berdasarkan perhitungan validitas butir soal dengan corelate bivariate menghasilkan rerata nilai 0,564 dan dinyatakan valid, sedangkan perhitungan reliabilitas soal dengan scale alpha cronbach memperoleh hasil 0,869 dan instrumen soal tersebut dinyatakan reliabel. Dengan demikian CBT dengan software Hot Potatoes dapat dan layak digunakan sebagai program evaluasi Fisika Dasar 2 di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...