RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 7 No. 2 (2015)

Pengembangan Lembar Kerja Laboratorium Fisika Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

Siti Rohmawati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2015

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan lembar kerja laboratorium fisika berbasis literasi sains yang layak dan dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Model pengembangan mengacu pada 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 10 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 4 siswa pada tahap uji coba terbatas dan 32 siswa pada tahap penyebaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil analisis data lembar kerja laboratorium fisika berbasis literasi sains yang telah divalidasi oleh dua dosen ahli dan guru fisika diperoleh rerata 4,51 dengan kategori sangat baik dan percentage agreement 89,21%. Kelayakan lembar kerja laboratorium yang dikembangkan terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor rerata 4,36 dengan percentage agreement sebesar 97,81% dan respon siswa terhadap lembar kerja laboratorium fisika yang dikembangkan diperoleh rerata 4,28 dengan kategori sangat baik. Rerata persentase keterampilan proses sebesar 81,065%, sehingga diperoleh gain 0,5 dan termasuk kategori peningkatan sedang. Sedangkan rerata persentase sikap ilmiah sebesar 83,82%, sehingga diperoleh gain 0,57 dan termasuk kategori peningkatan sedang, dengan demikian, lembar kerja laboratorium fisika berbasis literasi sains dikategorikan sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...