Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya kepedulian lingkungan yang terjadi di kalangan siswa SMKN 1 Karawang, maka harus ada pendidikan yang mengarahkan mereka untuk dapat menjaga dan mengelola lingkungan yang baik yaitu melalui program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, serta melakukan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai civic disposition yang dikembangkan dalam program adiwiyata yaitu karakter peduli lingkungan, tanggung jawab, jujur, religius, gotong royong, disiplin, patuh aturan sosial, sadar hak dan kewajiban, nasionalis, dan cerdas. (2) Hubungan kepedulian lingkungan dengan pendidikan kewarganegaraan yaitu pengetahuan nilai-nilai yang diperoleh dari hasil pembelajaran, siswa seharusnya dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program adiwiyata ini menjadi wadah untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang ingin dicapai pada setiap pembelajaran PPKn
Copyrights © 2019