Jurnal Civicus
Vol 18, No 2 (2018): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2018

EFEKTIVITAS MODEL MULTILITERASI KRITIS DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC LITERACY SISWA SD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nurlinasari, Lilis (Unknown)
Hamid, Solihin Ichas (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Salah satu aspek yang dikembangkan dalam PKn yaitu mengenai Civic Literacy khususnya sub keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui keajegan atau ketetapan model multiliterasi kritis dalam meningkatkan civic literacy sub keterampilan berpikir kritis khususnya bagi siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dilatar belakangi kurangnya minat belajar siswa SD pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan keterampilan civic literacy siswa sesudah diterapkan pembelajaran dengan model multiliterasi kritis lebih baik dibandingkan sebelum diterapkan model multiliterasi kritis dimana hasil uji rerata menunjukkan bahwa, Whitung   WtabeldimanaWhitungsebesar 0 dan  Wtabelsebesar 175, (2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan civic literacy siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model multiliterasi kritis dengan model klasikal. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan pretest dan postest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil dimana thitung sebesar 1,219 dan ttabel sebesar 2,01 dimana -ttable   tcount ttable yaitu -2,012    1,219   2,012. Sedangkan pada bagian postest menunjukkan hasil dimana thitung sebesar -2,175 dan ttabel sebesar 2,009 dimana t’ tidak menunjukan bahwa  -ttabel  thitung  ttabel yaitu -2,009   -2,174   2,009.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...