Jurnal Civicus
Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019

Upaya Guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi (Studi Deskriptif di SMP Negeri 3 Lembang)

Apsari, Linda Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang saat ini kurang  mengamalkan sikap demokrasi saat mengikuti proses pembelajaran sehingga para peserta didik terlihat pasif di dalam kelas yang seharusnya terwujud pembelajaran kelas aktif serta belum maksimalnya pembelajaran yang dilakukan guru dalam membiasakan suasana demokratis dan menyenangkan sesuai kehidupan nyata sehingga perlu perbaikan untuk terwujudnya kelas sebagai Laboratorium Demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian teruangkap bahwa: 1) Hambatan-hambatan yang dialami guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi; dan 2) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialami guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi melalui keterbukaan antara guru dengan peserta didik dan membiasakan penerapan sikap demokratis di dalam kelas dilaksanakan secara berkala.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...