Journal of Empowerment Community
Vol. 1 No. 1 (2019): Maret 2019

PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI KAMPUNG ULIN KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS

Etika Rachmawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh)
Lilies Youlia Friatin (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh)
Lystiana Nurhayat Hakim (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penerapan pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak sangat penting dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini. Bahasa Inggris juga memiliki pengaruh yang sangat kuat pada era globalisasi ini serta menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat penting dalam hubungan internasional, dengan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan memberikan keuntungan bagi para pelajar dan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik serta mengetahui metode atau strategi pengajaran bahasa Inggris yang baik serta sesuai karakter anak.Dengan demikian, untuk membantu guru dalam menciptakan pengajaran yang baik tersebut, penulis bermaksud melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan pengajaran Bahasa Inggris bagi pengajar di Kampung Ulin Kecamatn Rancah Kabupaten Ciamis yang bertujuan untuk (1) Memberikan pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan permainan tradisional yang ada di komunitas kampung ulin agar kemampuan speaking mereka meningkat, (2) Memberikan keterampilan nyata (pengalaman praktis) serta media pembelajaran yang tepat sehingga motivasi dan rasa percaya diri mereka untuk berbicara bahasa Inggris meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...