Jurnal Guru Dikmen & Diksus
Vol. 1 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN APPLET GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR TRIGONOMETRI

Wulandari , Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran trigonometri model kooperatif dengan menggunakan eksplorasi applet GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konsep dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mesin SMK N 2 Wonosari sebanyak 32 siswa. Data pemahaman konsep dan hasil belajar diambil dengan tes dan wawancara. Data hasil tes dan wawancara diolah serta disajikan secara deskriptif. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah: (1) Adanya peningkatan pemahaman konsep, (2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes yaitu sekurang-kurangnya 80% siswa dapat memperoleh nilai di atas batas ketuntasan minimal (78). Hasil penelitian menunjukkan, setelah melewati proses pembelajaran 2 siklus yang didalaminya dilaksanakan refleksi, terlihat adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar. Terlihat dari proses awal sampai siklus terakhir, kedua indikator kinerja tercapai. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran trigonometri dengan model kooperatif berbantuan applet GeoGebra tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI Mesin SMK N 2 Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jgdd

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Dikmen dan Diksus merupakan wahana saling bertukar pandangan dan pengalaman bagi guru dan pemerhati pendidikan untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Tema-tema pengembangan pendidikan yang dapat diterbitkan diantaranya ...