Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 3, No. 3, Desember 2015

Aplikasi Game Membuat Gebogan

Ranis Cinthianingrum (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
Ni Kadek Dwi Rusjayanthi (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Gebogan atau Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan buah-buahan dan bunga yang dibawa ke pura untuk rangkaian upacara Panca Yadnya. Perkembangan teknologi jaman sekarang mengakibatkan masyarakat Bali, terutama generasi muda mulai meninggalkan kebudayaan membuat Gebogan. Game membuat Gebogan dibangun dengan Corona SDK berbasis mobile android yang dikembangkan dengan tujuan untuk melestarikan salah satu kebudayaan Bali yaitu Gebogan.Game membuat Gebogan yang dihasilkanmemberikan informasi mengenai bagaimana bentuk Gebogan, isi dari Gebogan dan cara menghias Gebogan sehingga mengedukasi dan membantu mengembangkan kreativitas pengguna tentang bagaimana membuat Gebogan.Game membuat Gebogandimainkandengan menerapkan drag and drop pada scene membeli buah-buahan di pasar hingga scene menempatkan buah-buahan dari horizontal line ke template Gebogan yang disediakan dalam game.Kata Kunci: Gebogan, game, android, edukasi, Kebudayaan Bali

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...