Latar Belakang: Dewasa ini, permainan game online sudah semakin marak di kalangan mahasiswa. Pada dasarnya, mahasiswa bermain game online hanya sebatas hiburan untuk penghilang penat setelah aktivitas belajar sehari-hari. Namun demikian, bermain game online dengan intensitas yang tinggi dapat menimbulkan kecanduan atau ketergantungan secara terus menerus yang nantinya akan mempengaruhi tingkat konsentrasi belajar mahasiswa tersebut.Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2013.Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji Korelasi Gamma.Hasil Penelitian: Dengan jumlah sampel sebanyak 209 responden, terdapat 164 responden (78,5%) bermain game online dengan intensitas sedang, 28 responden (13,4%) bermain game online dengan intensitas rendah dan 17 responden (8,1%) bermain game online dengan intensitas tinggi. Sementara itu, terdapat 163 responden (78,0%) dengan tingkat konsentrasi belajar cukup, 30 responden (14,4%) dengan tingkat konsentrasibelajar baik dan 16 responden (7,7%) dengan tingkat konsentrasi belajar buruk. Melalui hasil analisis bivariat, didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (≤0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,872 yang berarti bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online mahasiswa maka semakin buruk tingkat konsentrasi belajar mahasiswa tersebut dan sebaliknya.Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2013.
Copyrights © 2019