Didaktikum
Vol 15, No 4 (2014): Oktober 2014

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEACHING LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH

Hartati, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan saat pembelajaran IPA di kelas V SDN Kendalserut 02. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 32 kategori cukup, siklus II skor 41 kategori baik, siklus III skor 47 kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 29,2 kategori cukup, siklus II skor 37,7 kategori baik, siklus III skor 42,3 kategori sangat baik. Hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 69%, siklus III menjadi 81%. Dapat disimpulkan melalui penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada tiap siklusnya.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

didaktikum

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...