Didaktikum
Vol 19, No 3 (2019): Agustus – Desember 2019

PENGGUNAAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI AJAR MENYEDERHANAKAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN

-, Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah, pada pembelajaran Matematika terutama materi menyederhanakan dan mengurutkan pecahan, hasil belajar siswa masih masih belum sesuai dengan harapan. Hanya 22% siswa yang memenuhi dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. Sedangkan target ketuntasan yang ingin dicapai adalah 85 %. Peneliti ingin meningkatkan pemahaman siswa tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan menggunakan multimedia berbasis adobe flash. Peneliti merencanakan penelitian ini menggunakan prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Adapun hasilnya adalah setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan pemahaman tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan menjadi 56%. Setelah peneliti melanjutkan perbaikan pembelajaran pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan yaitu telah mencapai 89%. Dengan adanya hasil yang demikian penulis merasa penelitian telah cukup memenuhi target ketuntasan dari 88%. Simpulan dari penelitian adalah dengan adanya penggunaan Multimedia Adobe flash dapat meningkatkan pemahaman tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan siswa kelas VI SDN Tembok Banjaran 01 Kec. Adiwerna Kab. Tegal semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktikum

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...