Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah, pada pembelajaran Matematika terutama materi menyederhanakan dan mengurutkan pecahan, hasil belajar siswa masih masih belum sesuai dengan harapan. Hanya 22% siswa yang memenuhi dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. Sedangkan target ketuntasan yang ingin dicapai adalah 85 %. Peneliti ingin meningkatkan pemahaman siswa tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan menggunakan multimedia berbasis adobe flash. Peneliti merencanakan penelitian ini menggunakan prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Adapun hasilnya adalah setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan pemahaman tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan menjadi 56%. Setelah peneliti melanjutkan perbaikan pembelajaran pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan yaitu telah mencapai 89%. Dengan adanya hasil yang demikian penulis merasa penelitian telah cukup memenuhi target ketuntasan dari 88%. Simpulan dari penelitian adalah dengan adanya penggunaan Multimedia Adobe flash dapat meningkatkan pemahaman tentang menyederhanakan dan mengurutkan pecahan siswa kelas VI SDN Tembok Banjaran 01 Kec. Adiwerna Kab. Tegal semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2019