Didaktikum
Vol 20, No 2 (2020): Mei - Agustus 2020

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA REALIA DALAM MATERI BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI

Khusnah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penguasaan materi persilangan pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep persilangan melalui penilaian berbasis kelas. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan 2 siklus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitif dan kualitatif yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tiga langkah utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Untuk memperoleh kemampuan, digunakan alat ukur pre tes dan post tes. Sedangkan untuk mengukur perubahan sikap saat berlangsung proses pembelajaran, digunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi penguasaan siswa terhadap konsep persilangan di atas standar KKM (70), dan cenderung terus meningkat hingga maksimal. Di lain pihak pada aspek sikap terdapat arah yang positif menerima pembelajaran, situasi kelas cukup aktif dan partisipatif. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan penilaian berbasis kelas cukup efektif meningkatkan kompetensi siswa pada materi ajar persilangan, dan efektif meningkatkan sikap positif mengikuti proses pembelajaran. Manfaat yang dapat dipetik dari penelitian ini antara lain, guru semakin tertantang meningkatkan kemampuan mengajar secara inovatif, hasil penelitian menjadi rujukan bagi kolega sejawat dalam mengembangkan pembelajaran berbasis penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktikum

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...