JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1- 116

MOTIVASI, SIKAP DAN MINAT BELI KONSMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PT. HASJRAT ABADI SENTRAL YAMAHA MANADO

Montjai, Opricard (Unknown)
Tewal, Bernhard (Unknown)
Lengkong, Victor P.K. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini didasari dari kondisi persaingan bisnis yang cukup ketat dan tinggi khususnya industri otomotif, sehingga perusahaan dituntut untuk merancang strategi pemasaran terlebih khusus strategi untuk memahami perilaku konsumen, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan mampu mempertahankan konsumen didalam persaingan pangsa pasar yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi, sikap, dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6785. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian adalah asosiatif, dengan teknik analisis regresi berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Motivasi, sikap dan minat beli konsumen berpengaruh signifikan secara simultan, tetapi secara parsial hanya variabel sikap yang berpengaruh signifikan. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor psikologi konsumen dari segi motivasi, sikap dan minat beli konsumen, sehingga perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan. Kata kunci : motivasi, sikap, minat beli, keputusan pembelian

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...