Arty: Jurnal Seni Rupa
Vol 5 No 1 (2016): Arty

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK KOPI TARIK UNGARAN

verdiansyah, komang komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Kopi Tarik Ungaran adalah sebuah kedai kopi yang sangat sederhana yang berada di Jl. Kartini 230 B, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sejak mulai berdiri Kopi Tarik Ungaran belum mengolah media untuk mempublikasi terutama tercetak. Selama ini informasi dan bentuk komunikasi pemasaran tentang Kopi Tarik Ungaran telah dilakukan dengan pembuatan media online media tersebut tidak ada pembaharuan dalam waktu yang lama. Terkait dengan kondisi tersebut dipandang perlu adanya media pendukung atau alternatif media promosi berupa media promosi tercetak. Tujuan proyek studi ini adalah Menghasilkan rancangan media promosi tercetak berupa logo, poster, x- banner, brosur, dan merchandise. Proses pembuatan proyek studi ini melalui tahapan-tahapan yaitu Penetapan Tujuan Pembuatan Karya, Studi Kepustakaan, Penentuan Khalayak Sasaran, Pengumpulan Data Pendukung, Pemotretan, Seleksi Gambar, Proses Lay out, Konsultasi Dosen Pembimbing, Proses Pencetakan, Penyajian Karya. Dalam proses pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Foto atau gambar kemudian diolah menggunakan aplikasi Photoshop sedangkan Lay out memakai software Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Ciri umum dari desain lay out tersebut yaitu selalu menampilkan logo Kopi Tarik Ungaran. Desain dominan menggunakan warna bernuansa Soft, pemilihan warna kuning kecokelatan, coklat muda mewakili kesan vintage. Pesan yang terkandung bersifat informatif dan pengingat. Perancangan media promosi ini diharapkan dapat membantu pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang Kopi Tarik Ungaran sehingga dapat meningkatkan kunjungan. Abstract___________________________________________________________________Pull Ungaran coffee is a coffee shop that is easy on Jl. Kartini 230 B, Ungaran, Semarang regency, Central Java. Since starting up Kopi Tarik Ungaran not process the media to publicize mainly printed. All this information and forms of marketing communication on Kopi Tarik Ungaran has been done by making the media online media there is no renewal in a long time. Associated with the condition is deemed necessary to support media or alternative media campaign in the form of printed promotional media. The purpose of this study is to Generate project design printed promotional media such as logos, posters, x- banners, brochures, and merchandise. The process of making this study project through the stages ie Making Goal Setting Works, literature study, Determining Target Audience, Data Collection Supporter, Shooting, Image Selection, Process Lay out, Consulting Supervisor, Process Printing, Presentation Works. In the process of making the whole work pay attention to the elements and principles of design. Photos or images are then processed using Photoshop while Lay out applications use software Adobe Illustrator and Corel Draw. The general characteristics of the design layout that always displays the logo Kopi Tarik Ungaran. The dominant design using Soft shades of color, selection of amber, light brown vintage represent impression. Messages contained informative and reminders. The design of the media campaign is expected to help visitors in getting information about Kopi Tarik Ungaran so as to increase visits

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

arty

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Arty: Jurnal Seni Rupa focuses on the research of visual art studies through the experiences exchange among educators, artists, and researchers. Its primary goals is to promote quality research on conceptual ideas, studies, application of theories, and visual art reviews. Contributions may ...