Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian The Non Equivalent Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri  26 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang  terdiri dua kelas IV.A dan IV.B. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Negeri 26 Kendari yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 26 Kendari dengan nilai    = 2.181 >  = 2.021dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,018 < α = 0,05.Kata Kunci: Model problem based learning;  pemahaman konsep
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020