Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TEHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 26 KENDARI

Shintya, Febrianty (Unknown)
Rusmin, Lisnawati (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian The Non Equivalent Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri  26 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang  terdiri dua kelas IV.A dan IV.B. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Negeri 26 Kendari yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 26 Kendari dengan nilai    = 2.181 >  = 2.021dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,018 < α = 0,05.Kata Kunci: Model problem based learning;  pemahaman konsep

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...