Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MATERI MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SDN 7 KABANGKA KABUPATEN MUNA

Salmina Salmina (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama melalui penrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 7 Kabangka Kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 58,33% dengan  nilai rata-rata 69,58 meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,66 . Di samping itu, terjadi peningkatan aktivitas mengajar guru dari siklus I 84,21% menjadi 92,10%. Pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 81,81% meningkat menjadi 90,90%. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...