Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2019)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUKUTIO

Choiron, Choiron (Unknown)
Sentryo, Izlan (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar matematika siswa tentang perkalian dan pembagian bilangan melalui penerapan model pendekatan pemecahan masalah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 bertempat di Kelas IV SD Negeri 1 Kukutio. Jumlah siswa kelas IV sebanyak 25 orang, terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan dapat dilihat dari hasil tes siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal sebanyak 15 siswa memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 60%. Dari hasil tes tindakan siklus II, setelah penggunaan model pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal terhadap pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan 23 siswa yang memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 92% atau mengalami peningkatan sebesar 32% dari hasil tindakan pada siklus I. Disimpulkan melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah, hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio dapat ditingkatkanKata kunci: Model pembelajaran, pendekatan pemecahan masalah, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...