Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2019)

MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN EMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VB SDN 08 MANDONGA

Taslin Taslin (Universitas Halu Oleo)
La Ode Kaimuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 08 Mandonga Kota Kendari. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus dalam penelitian mengalami peningkatan.Tindakan siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 43% dengan nilai rata-rata 63,1 pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan sebesar 89% dengan nilai rata- rata 80. Demikian halnya dengan keberhasilan aktivitas mengajar guru, pada siklus I pertemuan I sebesar 75% meningkat pada pertemuan ke II sebesar 87,5%.pada siklus II pertemuan I sebesar 93,75% meningkat sebesar 100% pada pertemuan II.Keberhasilan aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 73,3% meningkat pada pertemuan II sebesar 77,0%, pada siklus II pertemuan I sebesar 86,6% meningkat sebesar 94,1% pada pertemuan II.Kata kunci: Hasil Belajar,Contextual Teaching and Learning dan Sifat-Sifat Bangun Datar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...