Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi mahasiswa PPL Real Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Tahun 2018 dalam melaksanakan penerapan keterampilan berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah angket kepada 32 orang dan wawancara kepada 10 orang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi mahasiswa PPL Real dalam penerapan keterampilan mengajar berbasis pendekatan saintifik (5M) sebagai berikut. 1) Aspek mengamati yaitu mempersiapkan objek yang digunakan. 2) Aspek menanya yaitu mendorong peserta didik untuk aktif. 3) Aspek mencoba yaitu menerapkan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada hasil yang bisa diukur dan diamati. 4) Aspek mengasosiasi yaitu memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses mengasosiasi. 5) Aspek mengomunikasikan yaitu mengontrol waktu. Komponen yang paling banyak mengalami kesulitan adalah pada aspek mengamati sebanyak 69% dan yang paling sedikit mengalami kesulitan adalah aspek mengomunikasikan sebanyak 48%.Kata Kunci : Keterampilan Mengajar, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Permasalahan. æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€2018年度ガãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘ã®æ•™è‚²å®Ÿç¿’ãŒç§‘å¦çš„アプãƒãƒ¼ãƒã«åŸºã¥ã用å•題を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã€‚調査対象ã¯ã€2018å¹´åº¦ã«æ•™è‚²å®Ÿç¿’32åã§ã‚る。データã¯ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚教員ã¨ã—ã¦æ±‚ã‚られる5ã®ã¤ã‚¹ã‚ルã®å®Ÿæ–½ã«é–¢ã™ã‚‹å›°é›£ã¯æ¬¡ã®é€šã‚Šã€1ã¤ç›®ã¯ã€ã€Œè¦³å¯Ÿã€ã‚ªãƒ–ジェクトを準備ã™ã‚‹ã“ã¨ã€åˆºæ¿€ã‚’与ãˆã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。2ã¤ç›®ã¯ã€ã€Œè¦³å¯Ÿã€ç”Ÿå¾’ãŒã‚¢ã‚¯ãƒ†ã‚£ãƒ–ã«ãªã‚‹ã‚ˆã†ã«ãƒ¢ãƒãƒ™ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã‚’æä¾›ã™ã‚‹ã“ã¨ã€ãƒ‡ã‚£ã‚¹ã‚«ãƒƒã‚·ãƒ§ãƒ³ã™ã‚‹æ´»å‹•を作æˆã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。3ã¤ç›®ã¯ã€ã€Œå®Ÿé¨“ã€ç”Ÿå¾’ã«æ˜Žç¢ºã«æŒ‡ç¤ºã‚’与ãˆã‚‹ã“ã¨ã€è©•価ã§ãる活動を実習ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。4ã¤ç›®ã¯ã€ã€Œé–¢é€£ä»˜ã‘ã€æ—¥æœ¬ã¨ã‚¤ãƒ³ãƒ‰ãƒã‚·ã‚¢æ–‡åŒ–を比較ã™ã‚‹æ´»å‹•ã§ã‚る。5ã¤ç›®ã¯ã€ã€Œã‚³ãƒŸãƒ¥ãƒ‹ã‚±ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã€æ•™å®¤ã®æ´»å‹•ã«é–¢ã™ã‚‹æ™‚é–“ã®ç®¡ç†ã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ãŒåˆ†ã‹ã£ãŸã€‚ keyword : 教育スã‚ルã€2013年カリã‚ュラムã€ç§‘å¦çš„アプãƒãƒ¼ãƒ
Copyrights © 2019