Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jepang siswa setelah penerapan strategi pembelajaran DRTA, 2) respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran DRTA dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang. Rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPB SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahapan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan terdiri dari tahap prabaca, membaca dan pascabaca. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan strategi pembelajaran DRTA dengan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan 78,89 pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,26. 2) Analisis angket menunjukkan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan strategi pembelajaran DRTA yang dibuktian secara klasikal siswa menyatakan sangat setuju 62%, setuju 34% dan cukup setuju 4% dari semua aspek pernyataan.Kata Kunci : strategi DRTA, kemampuan membaca, membaca pemahaman bahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„㯠1) DRTAストラテジー使用ã—ãŸéš›ã®å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªè§£æŽˆæ¥ã®å‘上ã€2) ã“ã®å¦ç¿’ã®DRTAストラテジーを 使用ã—ãŸéš›ã®å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã« ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ ã‚る。ã“ã®ã‘ã„ã‹ãã®ç ”ç©¶ã¯ æ•™å®¤æ´»å‹•èª¿æŸ»ã¨ ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ ラボラトリウム・ウンデイクシャç§ç«‹é«˜ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生㧠ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ äºŒå‘¨æœŸã«æ¸¡ã£ã¦ã€ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯è¦³å¯Ÿã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã£ã¦åŽé›†ã—ã€ãれを定性的定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚å¦ç¿’ã®åˆ—㯠èªã‚€å‰ã€èªã‚€ã€èªã‚“ã ã‚ã¨ã‚’ ã™ã‚‹ã“ã¨ã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯ã€€1) DRTAストラテジー使用ã—ãŸã®å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªè§£æŽˆæ¥ã¯å‘上ã—ãŸã€‚ã“れ㯠第一周期終了時ã®ã€€å¹³å‡ç‚¹ãŒã€€78,89 ã ã£ãŸã®ã«å¯¾ã—ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了時ã¯ã€€å¹³å‡ç‚¹ãŒã€€88,26 ã«ã€€ä¸Šæ˜‡ã—ãŸã€€ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€€ã„ãˆã‚‹ã€‚2) å¦ç¿’者アンケートã«ã‚ˆã‚‹ã¨DRTAストラテジーを 使用ã—ãŸã€€éš›ã®å応ã¯ã€€è‰¯ã‹ã£ãŸã€‚全部å•題㯠ã¨ã¦ã‚‚è³›æˆ62%, è³›æˆ34%, ã¡ã‚‡ã£ã¨è³›æˆ4% ã«ã€€ç”ãˆã¾ã—ãŸã€‚ keyword : ã‚ーワード:DRTAストラテジーã€èªè§£èƒ½åŠ›ã€æ—¥æœ¬èªžèªè§£
Copyrights © 2015