Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol 4, No 1 (2017): JPBB

MODEL PELAJAHAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) KAANGGEN NINCAPANG KAWAGEDAN NGARESEPANG DAGING WACANA MAAKSARA BALI SISIA KELAS X3 SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Jutawan, K. Belly (Unknown)
Paryatna, I.B.Made Ludy (Unknown)
Paramarta, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Menjelaskan langkah-langkah yang digunakan oleh guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan kemapuan memahami isi wacana beraksara Bali siswa X3 SMA Negeri 1 Tejakula. (2) Menjelaskan hasil belajar siswa X3 SMA Negeri 1 Tejakula memahami isi wacana beraksara Bali  menggunakan model pembelajaran TPS. (3)Menejelaskan pendapat siswa X3 SMA Negeri 1 Tejakula memahami isi beraksara Balimenggunakan model pembelajaran TPS. Subyek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tejakula yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian dibagi menjadi dua bagian yaitu (a) pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS, dan kemampuan memahami isi wacana beraksara Bali. Ada tiga jenis metode pengumulan data yang digunakan pada penelitian ini, Yaitu: metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil kemampuan siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tejakula memahami isi wacana beraksara Bali menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS meningkat. Hasil rata-rata tes awal siswa yang jumlahnya 71 meningkat di siklus I menjadi 72, 57, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II menjadi 81,43 (3) Siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tejakula berpendapat baik. Rata-rata pendapat siswa pada siklus I berjumlah 20,77 dan meningkat di siklus II menjadi 21,91.Kata kunci : kooperatif, think-pair-share (TPS)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...