Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terkait hasil belajar sebelum dan sesudah penerapanya, dengan subjek siswa kelas X Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan dua kali observasi pre-tes, post-tes dan tes sebagai metode dalam mencari data hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan Paired sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kartu berpasagan diterapkan dengan sintak (a) mengelompokkan siswa (b) mencari pasangan (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar (c) diskusi (d) presentasi, dengan meningkatan rata-rata hasil belajar siswa 59.16 menjadi 76.45 dan siswa tuntas kkm 16% menjadi 75% pertemuan I, pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa 53.16 menjadi 75.15 dan siswa tuntas kkm 20.08% menjadi 79%. Ada perbedaan antara sebelum dan sesudah pelakuan pada pertemuan I beda rata-rata hasil belajar siswa -23,125 dan pada pertemuan II -23.333 dengan probabilitas (sig)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016