Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan “Post Test Only, Non- Equivalent Control  Grup  Design†yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)  dengan kelompok siswa yang belajar tidak dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Data mengenai hasil belajar ekonomi  dikumpulkan  dengan  menggunakan tes  hasil  belajar  yang  diberikan  pada  akhir penelitian. Data hasil belajar ekonomi siswa selanjutnya dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan kelompok siswa yang belajar tidak dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)yang ditunjukkan dari nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).
Copyrights © 2018