Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol 4, No 1 (2016):

PENGARUH STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

., Umi Andriana Soleha (Unknown)
., Drs. I Nyoman Gita, M.Si (Unknown)
., Made Juniantari, S.Pd., M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika, sedangkan data pemahaman konsep matematika dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA dan ANAVA satu jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional (F=53,058 dan Sig.=0,000;p

Copyrights © 2016