Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Pengaruh motivasi berprestasi secara langsung terhadap pembelajaran praktik pemesinan, (2) Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara langsung terhadap kompetensi pemesinan siswa, (3) Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara tidak langsung melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan siswa. Metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis data meliputi analisis deskriptif variabel, pengujian persyaratan analisis dan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara langsung dan signifikan terhadap pembelajaran praktik pemesinan, (2) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi, fasilitas bengkel, dan pembelajaran praktik pemesinan secara langsung dan signifikan terhadap kompetensi pemesinan, (4) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara tidak langsung dan signifikan melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan kelas XII siswa SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Bantul.
Copyrights © 2020