KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 9, No 2 (2020)

Pengembangan Konten E-Learning Berstrategi Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Singaraja

Yunitami, Ni Luh (Unknown)
Agustini, Ketut (Unknown)
Wahyuni, Dessy Seri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Pengembangan konten e-learning bestrategi flipped classroom sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengembangkan media pembelajaran sejarah (2) Mendeskripsikan respon guru dan peserta didik (3) menguji efektivitas media pembelajaran e-learning berstrategi flipped classroom pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik kelas X Mipa 5 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini telah melalui tahap uji ahli isi, uji ahli media dan uji ahli desain pembelajaran dengan hasil rata-rata sebesar 100% yang artinya masuk ke kategori sangat tinggi. Kemudian dilakukan uji perorangan dengan persentase 88% yang masuk kategori baik serta uji kelompok kecil dan lapangan yang masuk kategori sangat baik. Dilakukan pula pengujian pretest dan posttest dengan memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,78 yang masuk kategori Tinggi.  Selain itu dilakukan pula uji respon guru. dan respon peserta didik yang keduanya memperoleh kriteria sangat positif. hal ini menunjukkan bahwa konten e-learning yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran Sejarah dengan strategi flipped classroom.Kata kunci--Learning, Schoology,Flipped Classroom

Copyrights © 2020