KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 2, No 6 (2013)

Hubungan Antara Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Kemandirian Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia (Studi Kasus: SMK Negeri Se-Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013)

Arisma Dewi, Komang Ayu (Unknown)
Kesiman, Made Windu Antara (Unknown)
Wahyuni, Dessy Seri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri seKabupaten Buleleng, (2) mengetahui hubungan antara kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng, (3) mengetahui hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri se-Kabupaten Buleleng yaitu pada SMK Negeri 3 Singaraja dan SMK Negeri 1 Sukasada. Sampel dari penelitian ini adalah wakil dari populasi sebanyak 177 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba intrumen penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Seririt sebanyak 70 peserta didik kompetensi keahlian Multimedia. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji prasyarat normalitas, linearitas dan keberartian arah regresi, serta multikolinieritas. Hasil Penelitian adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 32,8%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 18,7%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Multimedia yang ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 35,6%.

Copyrights © 2013