Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 2, No 2 (2018)

RUBRIK ANALITIK PENILAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mahmudi, Ihwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Tujuan utama dari belajar adalah adanya perubahan tingkah laku yang ditandai dengan diperolehnya kemampuan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan baru. Perubahan tersebut diartikan sebagai hasil belajar. Hasil belajar seringkali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai bahan yang sudah diajarkan. Tes praktik atau tes kinerja adalah teknik penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya atas materi yang sudah dipelajari. Rubrik adalah panduan yang digunakan sebagai pedoman penilaian kinerja siswa atau untuk mengevaluasi praktik siswa dalam tugas yang tidak dapat dinilai menggunakan mesin. Rubrik berisi kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja siswa. Kriteria dalam rubrik berfungsi sebagai panduan kinerja yang akan disesuaian dengan bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru. Rubrik analitik menuntut kejelian dan kecermatan dalam penyusunannya karena penilaian dilakukan terhadap proses kinerja siswa dilakukan secara terpisah dan kemudian menggabungkan hasil akhir dari setiap komponen. Rubrik ini memberikan umpan balik yang spesifik kepada siswa sehingga mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...