JSME MIPA UNIMA
Vol 8, No 3 (2020): MEI - JUNI

PENERAPAN RANCANGAN PEMBELAJARAN KONSEP HUTAN YANG DAPAT MEREDUKSI KECEPATAN ANGIN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY TERHADAP PESERTA DIDIK

Paat, Meike (Unknown)
Suriani, Ni Wayan (Unknown)
Manopo, Rama (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2020

Abstract

ABSTRAK Hutan merupakan bagian dari ekosistem yang menyediakn sumber belajar yang luas bagi peserta didik . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta didik dalam penerapan proses pembelajaran   eksplorasi konsep dan proses sains (fisika,kimia dan biologi) melalui fakta dan fenomena yang terjadi dalam lingkungan  tentang  hutan yang dapat mereduksi kecepatan  angin di beberapa hutan sekitar Unima menggunakan metode inquiry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif yang dilakukan oleh peneliti dan kelompok peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan kegiatan eksploratif yang dilakukan kelompok peserta didik pada dua area hutan yang ditentukan. Tingkat pemahaman konsep dan proses sains meningkat pada area hutan kedua. Masing- Masing kelompok peserta didik memiliki tingkat persentase yang berbeda tapi suda termasuk tinggi yakni kelompok 1 mencapai 80,31% kelompok 2 mencapai 76,75% dan kelompok 3 mencapai 75,25%. Hasil persentase yang termasuk tinggi juga dipengaruhi oleh pengajar yang bekerja sebagai mentor dan keaktifan kelompok peserta didik dalam proses pembelajaran eksploratif . Kata kunci : hutan, eksploratif,  kelompok peserta didik, konsep dan proses sains.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...